BELAJAR ANIMASI YUUKK !!

on Kamis, 24 Januari 2013

Apa sih animasi itu ???

Animasi berasal dari bahasa latin yaitu animation , “anima”  yg berarti jiwa / nafas yang sangat vital atau memberi kesan hidup suatu benda mati . kesan hidup muncul pada benda mati dikarenakan perubahan bentuk atau perubahan posisi.

Pendapat lain mengatakan bahwa animation berasal dari kata dasar ”to animate” yang berarti menghidupkan. Jadi secara umum animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan, menggerakkan benda-benda mati dengan diberi dorongan kekuatan, semangat dan emosi, agar terkesan hidup dan bergerak. Di Jepang, kata animation diucapkan sebagai kata serapan dari ”anime-shon” yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan anime. Anime adalah animasi khas Jepang yang bercirikan gaya menggambar Manga. 

Selain animasi kita juga kenal ada kartun, karikatur dan komik. Yang dimakusd kartun adalah gambar fiktif yang berkarakter. Sedangkan karikatur merupakan deformasi berlebihan atas wajah seseorang. Biasanya badan dibuat kecil dan kepala besar dengan merubah sedikit bagian tanpa mengurangi kemiripan gambar aslinya. Adapun komik ialah kumpulan cerita bergambar yang dapat menghibur pembaca dengan cerita rekaan. Ketiganya bisa disebut animasi jika digerakkan menjadi sebuah tayangan audio visual. 

Adapun fungsi dari animasi itu sendiri sangat beragam, di antaranya untuk games digital, company profile, internet website, architectural presentation, industri film, marketing video, flight simulation, research, low (forensic), design product .

0 komentar:

Posting Komentar